Pengembangan Kurikulum PAUD Holistik Integratif meliputi aspek
perkembangan fisik, non-fisik agar anak berkembang dengan sehat, cerdas,
ceria, dan berbudi luhur meliputi kesehatan, pemenuhan gizi,
psiko-sosial, dan mental. pengembangan seluruh aspek perkembangan dalam diri anak meliputi kognitif, fisik, bahasa, sosial, emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai agama.
Pengembangan anak usia dini secara menyeluruh bertujuan agar anak tumbuh dan berkembang dengan optimal melalui pemenuhan kesehatan dasar, gizi, dan pengembangan emosi serta intelektual anak.
Pengembangan Kurikulum Holistik Integratif didasarkan pada prinsip sebagai berikut :
1. Bersifat menyeluruh dan berintegrasi
1. Bersifat menyeluruh dan berintegrasi
Layanan ini meliputi kesehatan, gizi, pengasuhan, pelindungan dan rangsangan
pendidikan.
2. Berkesinambungan dan konsistenpendidikan.
Pelayanan yang berkesinambungan adalah pelayanan yang di berikan kepada
anak usia
dini secara terus menerus agar benar–benar terjadi pemantauan terhadap tumbuh
kembang anak.
3. Tidak ada diskriminasi dalam memberikan pelayanan
Pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan tanpa membedakan latar belakang, sosial,
ekonomi, suku, dan agama, dengan tetap memperhatikan empat prinsip hak anak yaitu
kepentingan terbaik untuk semua anak.
dini secara terus menerus agar benar–benar terjadi pemantauan terhadap tumbuh
kembang anak.
3. Tidak ada diskriminasi dalam memberikan pelayanan
Pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan tanpa membedakan latar belakang, sosial,
ekonomi, suku, dan agama, dengan tetap memperhatikan empat prinsip hak anak yaitu
kepentingan terbaik untuk semua anak.
4. Pelayanan yang tersedia, mudah terjangkau dan dapat diterima oleh masyarakat
5 Mengembangkan program penguatan PAUD berbasis keluarga/orangtua (parenting
education), yang meliputi program kelas orang tua/kelompok pertemuan orang tua,
pelibatan orang tua dalam program hari konsultasi, kegiatan bersama orang tua dan
kunjungan rumah.
5 Mengembangkan program penguatan PAUD berbasis keluarga/orangtua (parenting
education), yang meliputi program kelas orang tua/kelompok pertemuan orang tua,
pelibatan orang tua dalam program hari konsultasi, kegiatan bersama orang tua dan
kunjungan rumah.
6. Peran dari masyarakat seperti memberdayakan masyarakat dan dunia usaha yang ada di
sekitar lingkungan pelayanan PAUD
sekitar lingkungan pelayanan PAUD
7. Berdasarkan budaya yang bersifat konstruktif, hal inii dapat diwujudkan dalam bentuk
pelayanan kegiatan bermain anak.
pelayanan kegiatan bermain anak.
8. Good Governance (Pemerintahann yang baik) yaitu adanya kerjasama dan koordinasi
lintas sektor institusi pemerintah dan organisasi terkait
lintas sektor institusi pemerintah dan organisasi terkait
9. Belajar melalui bermain dengan menggunakan media edukatif dan sumber
belajar yang
aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk berpikir, bertindak, berpendapat, serta berekspresi secara bebas dan
bertanggung jawab.
aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk berpikir, bertindak, berpendapat, serta berekspresi secara bebas dan
bertanggung jawab.
Komentar
Posting Komentar